5 Tip Cara Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Harian Jalan Basah dan Kering

Cara Memilih Ban Motor Terbaik Sebenarnya Cukup Mudah. Artikel ini Kami Buat Karena Banyak Yang nanya Tentang ban motor bagus merk apa Sih ? Apa merk ban motor terbaik untuk harian ? Adakah Daftar 10 ban motor terbaik, Apa ban motor untuk jalan basah dan kering ? Dan Banyak Lagi Lainya. Dalam memilih ban untuk digunakan sehari-hari,sebaiknya anda harus benar-benar selektif dan bukan asal memilih ban.Namun perlu diingat bahwa keadaan medan jalan sangatlah beragam misalnyaberlubang, berlumpur,berpasir, aspal, becek (berair) dll.Oleh karena itu memilih ban untuk digunakan sehari-hari harus benar-benar diperhatikan dan harus cerdas dalam memilih ban. Keadaan jalan memang sangatlah berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan saat anda mengendarai motor.

Selain itu jalanan yang basah dan kering memiliki resiko yang berbeda-beda.Oleh karena itu anda harus benar-benar memilih ban yang akan digunakan.Ban memiliki beberapa tipe yang beraneka macam seperti tipe kering ,tipe basah dan tipe keduanya.Ketiga tipe ban tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.berikut ini adalah tips untuk memilih ban sesuai dengan keadaan jalan. Sebaiknya Sahabat ModifikasiMu.Com Juga Memahami Apa Saja Tipe Ban di Dunia

Tipe dan Jenis Ban Motor Di Dunia Otomotif


A- Tipe Ban Basah

Ban Tipe Basah Valentino Rossi Alur Kembangnya Banyak - 5 Tip Cara Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Harian Jalan Basah dan Kering

Ban dengan tipe ini memiliki kegunaan untuk jalanan yang basah.Ban ini mempunyai karakteristik alur yang banyak hingga pinggir ban.Alur ini bertujuan untuk membuang air ketika ban berputar melalui jalanan yang basah dan penuh dengan air.Tapi cengkeraman ban ini akan menurun ketika melewati jalanan yang kering.Oleh karena itu ban ini akan lebih cepat habis atau lebih dikenal dengan ban gundul saat digunakan melewati jalanan kering.

B- Tipe Ban Kering

Ban MotoGP Tipe Kering Halus - 5 Tip Cara Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Harian Jalan Basah dan Kering

Ban ini mempunyai alur yang sedikit bahkan tidak mempunyai alur sama sekali.Ban tipe ini mempunyai daya cengkeram yang sangat baik apabila digunakan di jalanan yang kering.Oleh karena itu,ban akan terasa sangat nyaman ketika digunakan dijalanan kering dan tidak perlu khawatir akan terpeleset atau tergelincir.Tapi anda harus ekstra hati-hati ketika melewati jalanan yang beraur karena akan membuat daya cengkeram atau traksi menjadi menurun dan meningkatkan resiko tergelincir.

C- Tipe Ban Kering dan Basah

Jenis Tipe Ban Kering dan Basah Dua Medan - 5 Tip Cara Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Harian Jalan Basah dan Kering

Ban ini mempunyai tipe yang sangat baik yaitu dipakai untuk jalanan yang kering dan juga basah.Ban ini mempunyai karakteristik alur yang tidak terlalu banyak dan mempunyai daya cengkeram yang sangat baik.Tipe ban ini yang paling sering digunakan oleh sebagian besar orang Indonesia.Anda dapat membedakan ban yang ini dengan cara melihat bagian spesifikasi yang ada di ban.Pada ban biasanya terdapat tulisan tipe wet,dry atau wet dry.Oleh karena itu anda harus benar-benar bisa memilih ban sesuai dengan kebutuhan demi kenyamanan dan keamanan anda.

5 Tip Cara Memilih Ban Motor Terbaik Untuk Harian Jalan Basah dan Kering

Memilih ban untuk sepeda motor memang terlihat biasa tapi hal ini sangatlah penting.Hal ini saya ungkapkan karena sebagian besar orang akan langsung pergi ke bengkel dan memasang ban.Namun masih banyak ditemukan orang hampir celaka jarena motornya terpeleset ketika melewati jalanan yang berbeda dan salah saat melakukan pengereman.Hal tersebut bisa terjadi karena anda salah memilih ban baik dari segi tipe,jenis ataupun ukurannya.Pastikan ban dan motor anda menjadi pasangan yang tepat sesuai dengan keadaan jalan. Di bawah ini adalah cara untuk memilih serta menentukan ban yang digunakan.

1. Pilihlah Ban Dengan Permukaan Tapak Sedang

Untuk anda yang menggunakan kendaraan sehari-hari,lebih baik anda memilih ban yang memiliki jenis tapak menengah atau sedang.Sebaiknya jangan memilih ban yang memiliki tapak lebar dan juga tapak kecil yang marak digunakan oleh anak muda.Ban yang mempunyai tapak kecil memang tidak menguras tenaga mesin terlalu banyak hal ini dikarenakan gesekan yang terjadi juga sedikit terjadi.Sehingga motor anda akan terasa ringan dan irit bahan bakar.

Tapi untuk ban yang memiliki tapak kecil cenderung mudah terpeleset,terbanting dan juga sangat mudah bocor.Ban yang memiliki tapak sedang merupakan ban asli dari pabrik yaitu 2.50/80/90 belakang (untuk motor bebek),80/9002.75 depan dan 90/90,3.00 belakang (untuk motor laki-laki) yang memiliki cc di bawah 150cc.Jika anda menggunakan ban dengan ban tapak sedang maka motor anda akan stabil dan aman sehingga sangat aman untuk digunakan dalam sehari-sehari.

2. Memilih Tipe Atau Jenis Ban Yang Tepat Sesuai Kondisi

Penjelasan diatas hanya merupakan rekomendasi.Setiap pabrik akan memproduksi ban dengan beragam jenis.Namun jika melihat medan yang ada di Indonesia yang sering terjadi musim hujan dan kering yang cukup seimbang sehingga sebaiknya menggunakan jenis ban kering dan basah atau basah.Jika anda menggunakan ban basah yang memang memiliki daya traksi atau cengkeram yang kuat jika berada di jalanan kering,namun kelemahannya jika ban basah digunakan pada jalanan kering maka akan membuat ban lebih cepat halus atau gundul.

3. Memlih Motif atau Ukuran Ban

Saat akan membeli ban,anda harus benar-benar memperhatikan motif karena sangat berhubungan dengan kinerja ban ketika melintasi jalan baik di medan kering ataupun basah.Untuk anda yang memakai motor setiap harinya sebaiknya anda menggunakan ban yang mempunyai alur searah.Ban memang memiliki motif yang sangat beragam.Tapi biasanya pabrik akan memproduksi ban dengan alur yang miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang.Hal ini bertujuan untuk menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mencengkeram permukaan jalan.Hal ini akan membuat motor menjadi lebih tenang dan anda tetap memegang kendali motor walaupun jalanan basah.

4. Pahamilah Kode Pada Ban

Selain masalah ukiran ban,ukuran ban baik dalam ukuran matric ataupun matric inci saja.Tapi anda juga harus memperhatikan kode produksi.Hal ini bertujuan tidak ada kesalahan saat anda memilih ban yang sudah kadaluarsa.Biasanya setiap produsen ban akan mendesain ban dengan masa kadaluarsa 5 tahun setelah pembuatan.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Memilih Ban Motor Juga Perlu Menyesuaikan Dengan Keuangan Kita. Jangan sampai Kita Membeli Ban Terlalu Mahal Hanya Untuk Gengsi. Pakailah ban Yang Memang Kita Butuhkan Saja

Semoga Penjelasan ini mampu Menjawab Beberapa Pertanyaan Seputar : merk ban motor yang bagus untuk harian itu apa , Apa Merk ban motor matic terbaik, Apa merk ban motor yang tidak licin dan Apa merk ban motor tubeless terbaik Untuk Motor anda. Sekian informasi tentang Tips Cara Memilih Ban Motor Terbaik Sesuai Dengan Kondisi jalan dan Tipe.Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan akan mempermudah anda dalam memilih ban dan tidak keliru ketika memilih ban.

Artikel ModifikasiMu.Com Lainnya :

Scroll to top